Api Padam Setelah 12 Jam, Polda Jateng Selidiki Kebakaran Gudang Pabrik Plastik di Pati

Api Padam Setelah 12 Jam, Polda Jateng Selidiki Kebakaran Gudang Pabrik Plastik di Pati


PATI - Kebakaran hebat menimpa gudang penyimpanan Bahan Baku Plastik Milik PT. Starindo Jaya Packaging, Margorejo, Kabupaten Pati. Kejadian yang menimpa gudang perusahaan milik pengusaha bernama Wilung itu terbakar hebat pada Sabtu (11/2), sekitar pukul 13.00 WIB.

Berdasar laporan di lapangan, diketahui api dapat dipadamkan 12 jam setelah kejadian, atau tepatnya Minggu (12/2) pukul 02.00 wib dini hari. 

Kapolda Jateng melalui Kabidhumas menegaskan proses pemadaman api di PT. Starindo Jaya Packaging melibatkan ratusan petugas dari berbagai unsur termasuk Polri serta tim pemadam kebakaran.

Dirinci Kabidhumas, sejumlah 45 kendaraan dilibatkan dalam proses pemadaman kebakaran itu yang terdiri dari 21 unit mobil damkar dari Pemkab Pati, Pemkab Kudus dan beberapa perusahaan di Kabupaten Pati.

 "Masih ditambah lagi dengan 24 mobil tangki milik Pemkab Pati dan sejumlah perusahaan di sekitar lokasi. Adapun personil Polri yang terlibat dalam kegiatan di lokasi sejumlah 72 orang ," ungkap Kabidhumas, Minggu (13/2).

Usai api dapat dipadamkan, lanjut Kabidhumas, tim pemadam langsung melakukan proses pendinginan sisa kebakaran hingga pukul 13.30 WIB.

"Setelah itu petugas Polres Pati langsung memasang police line di lokasi. Untuk penyelidikan lebih lanjut, saat ini tim labfor Polda sudah bersiap meluncur ke lokasi," tambahnya.

Kombes M Iqbal menjelaskan Polres Pati saat ini telah menggali keterangan dari sejumlah saksi kejadian kebakaran. 

Dari keterangan saksi, diketahui api pertama kali terlihat dari gudang penyimpanan biji plastik, sekitar pukul 13.00 WIB, pada Sabtu (12/2) kemarin.

Saat itu, lanjutnya, para karyawan tengah beristirahat siang. Mengetahui kepulan asap, para karyawan yang keluar masuk pabrik seketika langsung dievakuasi. 

"Satpam pabrik selanjutnya langsung melaporkan kebakaran ke polisi dan menghubungi pemadam kebakaran," tambahnya.

Saat mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi, lanjutnya, api malah sempat membesar. Hal ini dimungkinkan karena materi biji plastik yang terdapat di gudang sangat mudah terbakar.

"Untungnya berkat kerjasama semua pihak, api dapat dipadamkan meskipun waktunya cukup lama, sekitar 12 jam," terang Kabidhumas.

Kabidhumas menjelaskan, tidak ada korban jiwa akibat kebakaran tersebut. Sedangkan taksiran kerugian materiil belum diketahui pasti.

"Untuk penyebabnya masih dalam penyelidikan," tutupnya.

Posting Komentar

0 Komentar

-------- PASANG IKLAN ANDA 1 --------
-------- PASANG IKLAN ANDA 2 --------
-------- PASANG IKLAN ANDA 3 --------
To Top